WINDOWS vs LINUX - Nawala Girl

Blog untuk berbagi info tentang internet sehat

BestLocalhostCrew

Jumat, 27 April 2018

WINDOWS vs LINUX

Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh..
Pada Kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Perbedaan Windows dan Linux.

Pengertian 

Microsoft Windows atau yang lebih di kenal dengan sebutan windows adalah keluarga sitem operasi yang di kembangkan oleh microsoft, dengan dengan menggunakan antarmuka berbasis grafik.Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command line.

Linux adalah sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.

Perbedaan Windows dengan Linux ,Perbedaan paling mendasar adalah bahwa proyek Linux sebenernya adalah proyek pengerjaan sebuah kernel, sedangkan Microsoft tidak mengerjakan kernel saja tetapi semua aspek dalam sistem operasi (desain, multi task, window manager, compatibility, dll). Apa yang sekarang kita lihat pada Linux adalah proyek keroyokan yang melibatkan orang-orang diseluruh dunia yang mendukung Linux. Namun perbedaan yang paling umum dibicarakan adalah perbedaan antara open source dan closed source.

Sejak pertama kali dikenalkan oleh komputer, penulis menggunakan Windows sebagai sistem operasi. Windows memiliki antar muka yang menarik dan mudah dipelajari, sejak Windows XP pengguna Windows semakin bertambah banyak, hal tersebut karena tampilannya yang user frendly, Pada linux antar muka untuk user ada 2 bagian yaitu TUI & GUI ,Untuk TUI, tampilannya hanya warna hitam sebagai latar belakang dan tulisan yang berwarna putih. Sedangkan untuk GUI, ada 3 model desktop yang terkenal yaitu KDE,GNOME & Xfce.

1.Hardware Support
Di Windows biasanya anda tidak pernah mendengar masalah hardwre, karena hampir semua hardware yang ada sudah menyertakan drivernya. Berbeda dengan di Linux dimana Anda mungkin sering mendengar suatu hardware tidak bekerja di Linux. Hal ini terjadi karena pembuat hardware tidak menyediakan driver versi Linux. Untungnya, belakangan ini cukup banyak vendor yang sudah memberikan dukungan driver Linux. Dan pengenalan Linux akan hardware semakin lama semakin meningkat sehingga mulai jarang terdengar permasalahan hardware di Linux.
2.Software dan Package Management
Untuk software di Windows tidak terlalu sulit mencari dan menginstallnya pada komputer, karena memang bertebaran di internet. Software di Windows (Windows Installer) mengenal ekstensi EXE dan MSI, sedangkan pada Linux terdapat sekitar 4 model software (selanjutnya akan di sebut paket) untuk proses instalasi.

Paket di Linux tidak terlalu sulit didapat karena biasanya disediakan oleh pembuat distribusi Linux, apabila tidak terdapat paket yang didukung oleh pembuat distribusi Linux, pengguna dapat melakukan kompilasi dari source code pengembang software. Berikut pembagian paket-paket berdasarkan beberapa distribusi Linux dan program peng-installnya. Untuk beberapa distro turunan akan mengikuti distro yang diturunkan.
3.Konfigurasi Sistem
Windows dikenal kemudahan dalam pemakaiannya, karena hampir semua hal bisa dilakukan dengan sistem point n’ click yang sudah berbasis grafis, Di Linux Anda mungkin sering mendengar perlunya mempelajari perintah-perintah secara manual di command line . Sebagian berita ini benar, tetapi belakangan Linux sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat, sehingga hampir semua hal juga bisa anda lakukan sama mudahnya seperti di Windows.
4.Sistem File
Windows mempunyai dua sistem file. FAT (dari DOS dan Windows 9x) dan NTFS (dari Windows NT/2000/XP). Anda bisa membaca dan bahkan menyimpan file di sistem FAT dan NTFS milik Windows. Hal ini tidak berlaku sebaliknya, Windows tidak akan bisa membaca atau menyimpan file di sistem Linux.

Linux memiliki beberapa macam file sistem, diantaranya Reiser FS atau Ext3. Sistem ini dalam beberapa hal lebih bagus dari FAT atau NTFS milik Windows karena mengimplementasikan suatu tehnik yang disebut journaling. Jurnal ini menyimpan catatan tentang sistem file. Saat sistem Linux crash, kegiatan jurnal akan diselesaikan setelah proses reboot dan semua file di harddisk akan tetap berjalan lancar.

Referensi

http://www.jejaring.web.id/perbedaan-linux-dan-windows/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar