Termometer dengan ESP8266 dan LM35 || Internet of Things - Nawala Girl

Blog untuk berbagi info tentang internet sehat

BestLocalhostCrew

Rabu, 12 Desember 2018

Termometer dengan ESP8266 dan LM35 || Internet of Things

Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh...

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Tugas Kerja Proyek siswa TKJ yaitu Membuat Termometer dengan Memanfaatkan ESP8266 dan LM35. Sebelum saya membahas mengenai pembuatannya saya akan membahas sedikit  tentang apa sih IoT itu???




Internet of Things atau sering disebut IoT adalah suatu konsep dimana objek tertentu punya kemampuan untuk mentransfer data lewat jaringan tanpa memerlukan adanya interaksi dari manusia ke manusia ataupun dari manusia ke perangkat komputer.
IoT tersendiri manfaatnya sangatlah banyak salah satunya yaitu untuk membantu mempermudah aktifitas (kegiatan) manusia, Nah, dalam hal ini kelompok saya memiliki sebuah ide untuk membuat alat pengukur suhu dengan memanfaatkan ESP8266 dan LM35.

Adapun alat dan bahan yang digunakan :
  1. ESP8266
  2. PC
  3. LM 35
  4. Kabel USB
Untuk langkah - langkah dalam pembuatannya bisa di lihat di link ini
https://youtu.be/Ux0R31WAnbM
    Cara kerja 
    • Cara kerja alat ini cukup mudah yaitu ESP8266 akan mengirimkan data ke server ThingSpeak.
    • Untuk dapat memonitor suhunya dapat secara langsung  menggunakan web ThingSpeak atau menggunakan aplikasi berbasis android yaitu ThingView yang dapat di download melalui playstore.
    Diatas merupakan pembahasan mengenai proses dari pembuatan sampai pengujian dari Termometer dari kelompok saya. Tentu saja kelompok saya membuat alat ini pasti akan ada alasan dan juga kebermanfaatannya. Manfaat dari pembuatan alat ini yaitu bisa digunakan untuk mengukur suhu dan bisa di cek secara langsung disemua tempat tetapi harus ada jaringan internetnya ya :v 

    Mungkin hanya itu pembahasan dari saya. Semoga dapat bermanfaat 

    Wassalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh...




    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar