Cloud Computing - Nawala Girl

Blog untuk berbagi info tentang internet sehat

BestLocalhostCrew

Selasa, 03 April 2018

Cloud Computing

Assalamu'alakum Warrahmatullahi Wabarakatuh...

Pada kesempatana kali ini saya akan menyampaikan materi mengenai Cloud Computing,
Apa sih Cloud Computing itu? mau tau? mari baca sampai selesai...

A. Pendahuluan
Pengertian
Cloud computing adalah penggabungan antara pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dan pengembangan berbasis Internet (awan).
Maksud dan Tujuan
Agar dapat memahami dan dapat mengimplementasikan mengenai Cloud Computing.

B. Alat dan Bahan 
- komputer
- referensi materi

C. Materi

    Pada tahun 1950-ankonsep dasar cloud computing tidak dapat terlaksana karena suatu kesalahan. Pada tahun 1990-an sebuah perusahaan telekomunikasi memberikan layanan jarngan berupa virtual (VPN) dengan kualitas yang baiak dan harga yang terjangkau. Berikut adalah perusahaan - perusahaan yang dapat menyediakan layanan cloud computing. : GE GEISCO merupakan anak  perusahaan IMB Service Biro Corporation (SBC, berdiri pada tahun 1957),  Tymshare (berdiri pada 1966),  National CSS  (berdiri pada tahun 1967 dan dibeli oleh Dun & Bradstreet pada tahun 1979), Data Dial (dibeli oleh Tymshare pada tahun 1968), dan Bolt, Beranek dan Newman (BBN). Semakin berkembangnya zaman dan teknologi yang lebih modern.

Adapun karakteristik Cloud Computing :
      Menurut kutipan IEEE (2008) Internet Computing (Cloud Computing adalah suatu paradigma di mana informasi secara permanen tersimpan pada server di internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna atau client termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan lain-lain). Cloud computing dapat dibedakan menjadi 3, yaitu :

1.  Public cloud adalah penerapan cloud computing untuk umum  (publik).
2. Private cloud digunakan secara pribadi (private) oleh perusahaan atau pengguna tertentu.
3. Hybrid cloud adalah penggabungan pemanfaatan public cloud dan private cloud oleh pengguna. Sebagai contoh, sebuah perusahaan dapat menempatkan email mereka di public cloud sekaligus di private cloud.

Konsep dasar dalam Cloud Computing, yaitu :

1. Infrastructure as a Service (IaaS) yaitu konsep dasar yang pertama kali muncul dan banyak dilakukan pada penggunaan atau penyewaan jaringan untuk akses internet,layanan Disaster Center dan lain-lain.
2. Platform as a Service (PaaS) yaitu digunakan pada operating system dan infrastruktur pendukungnya. Contohnya adalah layanan dari situs force.com serta layanandari para vendor server.
3. Software as a Service (SaaS)  yaitu konsep dasar cloud computing yang terbaru lebih unggul dari konsep dasar pendahuluannya. (IaaS dan PaaS), karena didukung dengan software atau suatu aplikasi bisnis tertentu. Contohnya  salesforce.com, Service-Now.com, Google Apps dan lain-lain.

Di cloud computing juga terdapat 6 bagian penting yaitu :

Cloud Clients, Cloud Services, Cloud Application, Cloud Platform, Cloud Storage, dan Cloud Infrastructure

     Keunggulan yang dimiliki oleh cloud computing yaitu : harganya yang murah, ramah lingkungan, dan lain-lain
Kendala-kendala yang sering terjadi pada Cloud computing adalah service level, privacy, Compliance, data ownership, data mobility.

D. Referensi 
- Modul cloud computing 

Sekian yang dapat saya bagikan hari ini, semoga dapat bermanfaat...

Wassalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar