Apa itu Server - Nawala Girl

Blog untuk berbagi info tentang internet sehat

BestLocalhostCrew

Rabu, 11 April 2018

Apa itu Server

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh     

A. Pendahuluan 
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas materi mengenai apa itu server. Mau tahu lebih lanjut, mari baca artikelnya sampai selesai..

Pengertian
Secara umum server didefinisikan sebagai sebuah komputer yang berfungsi memberikan layanan berupa informasi yang tersedia kepada client.
Latar Belakang     
Server banyak disalah artikan oleh orang awam atau orang GO-BLOG
Maksud dan Tujuan     

  • Memaparkan definisi server
  • Hasil yang Diharapkan
  • Mengerti definisi server
B.Pembahasan

Server??? Apa itu Server
Server merupakan sebuah tempat yang dipenuhi dengan berbagai macam informasi, dimana server memiliki tugas utama untuk memberikan sebuah service atau layanan bagi para klien yang terhubung dengannya. Terdapat berbagai macam jenis server yang ada dengan fungsi yang berbeda-beda, misalnya saja web server yang digunakan untuk menyimpan data dalam sebuah web, FTP server yang menangani perpindahan file (transfer file), mail server yang melayani urusan email para klien, database server untuk menyimpan berbagai macam data atau file dan lain sebagainya.
 


JENIS JENIS SERVER 
Secara garis besar server terbagi atas 3 jenis sesuai fungsinya masing-masing, diantaranya : 
1.Server Aplikasi (Application Server) merupakan server yang menyediakan layanan berup aplikasi yang dapat di akses oleh client. Aplikasi yang tersedia di server bisa lebih dari 1service atau layanan.   
2.Server Data (Data Server), server jenis ini digunakan untuk menyimpan berbagai data, baik data yang belum diolah maupun yang sudah menjadi informasi. Data ini dapat diakses oleh client dengan bantuang aplikasi server. 3.Server Proxy (Proxy Server) lebih dikenal sebagai server yang memberikan akses kepada client agar dapat terhubung ke internet, tetapi menurut fungsinya proxy server bertugas mengatur lalu lintas di jaringan.

FUNGSI SERVER
Walaupun terdapat beragam jenis server, namun secara umum sebuah server memiliki fungsi yang sama. Berikut merupakan berbagai macam fungsi server secara umum:
  • Melayani dan bertanggung jawab penuh terhadap permintaan data dari komputer klien.
  • Menyediakan berbagai macam resource untuk dapat digunakan semua komputer klien yang masuk dalam jaringan, baik itu berupa perangkat keras maupun perangkat lunak/aplikasi.
  • Bertanggung jawab dalam mengatur lalu-lintas data.
  • Menyimpan berbagai file dan data untuk dapat diakses bersama-sama menggunakan protokol FTP.
  • Mengatur hak akses (permissions) ke dalam sebuah jaringan, sehingga tidak semua klien mampu mengakses data yang terdapat dalam komputer server.
  • Menyediakan aplikasi dan database yang mampu dijalankan di semua komputer klien.
  • Memberikan perlindungan untuk komputer klien dengan pemasangan firewall atau anti malware di komputer klien.
CARA KERJA SERVER 
Secara sederhana, server bekerja atas permintaan dari sebuah klien. Misalnya saja, untuk kasus web server, ketika Anda mengetikkan suatu alamat website menggunakan browser, maka artinya komputer Anda sedang bertindak sebagai klien yang meminta informasi kepada web server. Web server tersebut kemudian mengirimkan isi website ke komputer Anda, sehingga Anda pun dapat mengakses isi website tersebut.

Untuk kasus lainnya, seperti server FTP, mungkin agak sedikit berbeda. Pada server FTP, Anda dapat mengunggah sebuah dokumen atau data menuju server FTP, sehingga dapat disimpan dalam server tersebut. Sebagai klien, Anda berhak untuk menyimpan data Anda di server FTP.
C.Kesimpulan
Server merupakan sebuah komputer yang bertindak melayani dan memberikan akses kepada client untuk mengakses layanan yang tersedia di server.

D.Referensi
Wikipedia

E. Penutup
Cukup sekian untuk postingan kali ini, terima kasih dan Semoga Bermanfaat

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar